AIR SADAH


Air merupakan unsur penting dalam kehidupan. Hampir seluruh kehidupan didunia ini tidak terlepas dari adanya unsur air. Pada hakekatnya tidak ada air yang betul-betul murni, karena air mengalami daur hidrologi dan selama menjalani daur tersebut, air selalu menyerap zat-zat yang menyebabkan air tidak lagi murni. Contohnya air sadah.

Cara memperoleh air yang bersih dan layak dikonsumsi bisa dilakukan dengan metode filtrasi (penyaringan). Media yang biasa digunakan adalah pasir, kerikil, ijuk, arang dan zeolit.
                  
Kesadahan air adalah kandungan mineral-mineral tertentu di dalam air, umumnya ion kalsium (Ca) dan magnesium (Mg) dalam bentuk garam karbonat.

Air sadah atau air keras adalah air yang memiliki kadar mineral yang tinggi, sedangkan air lunak adalah air dengan kadar mineral yang rendah. Selain ion kalsium dan magnesium, penyebab kesadahan juga bisa merupakan ion logam lain maupun garam-garam bikarbonat dan sulfat. Air yang kesadahannya tinggi biasanya terdapat pada air tanah di daerah yang bersifat kapur.

Kesadahan Sementara
Mengandung Ca(HCO3)2 dan Mg(HCO3)2, dapat dihilangkan dengan pemanasan
Ca(HCO3)2 (aq)  à    CaCO3 + H2O (l) + CO2 (g)

Kesadahan Tetap
Mengandung CaSO4 dan MgSO4, dapat dihilangkan dengan proses kapur, soda abu, proses zeolit, dan proses resin organik.
MgSO4 (aq) + Na2CO3 (aq)  à   MgCO3 + Na2SO4 (aq)

Filtrsi (penyaringan) dengan zeolit


Di Indonesia zeolit tampaknya belum mendapat perhatian yang  memadai sebagai media filtrasi air bersih. Padahal Indonesia secara geografis terletak pada jalur gunung berapi memiliki potensi zeolit yang cukup besar. Zeolit alam Lampung yang merupakan jenis zeolit klinoptilolit cocok digunakan sebagai media filter. Zeolit alam lampung yang telah dipreparasi dengan perlakuan tertentu dapat menyerap ion Ca2+ penyebab kesadahan dalam air.

Prosedur Penelitian dan Metodenya bisa dicari di jurnal penelitian.

PENGHILANGAN KESADAHAN AIR YANG MENGANDUNG ION
Ca2+ DENGAN MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM LAMPUNG
SEBAGAI PENUKAR KATION
Atastina S.B, Praswasti P.D.K. Wulan , dan Syarifudin
Jurusan Teknik Gas dan Petrokimia
Fakultas Teknik – Universitas Indonesia

Instrumen



Spektrofotometri adalah metode analisis kimia yang didasarkan pada pengukuran cahaya yang diserap oleh suatu larutan. Larutan sampel diaspirasikan ke suatu nyala dan unsur-unsur di dalam sampel diubah menjadi uap atom sehingga nyala rnengandung atom unsur-unsur yang dianalisis.




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar